Jangan Berubah

Aku sudah lama mudah naik darah. Aku serba kuatir, mudah tersinggung dan egois sekali. Setiap orang mengatakan bahwa aku harus berubah. Dan setiap orang terus-menerus menekankan, betapa mudah aku menjadi marah.

Aku sakit hati terhadap mereka, biarpun sebetulnya aku menyetujui nasehat mereka. Aku memang ingin berubah, tetapi aku tidak berdaya untuk berubah, betapapun aku telah berusaha.

Aku merasa paling tersinggung ketika sahabat karibku juga mengatakan, bahwa aku mudah naik pitam. Ia juga terus-menerus mendesak supaya aku berubah. Aku mengakui bahwa ia benar, meskipun aku tidak bisa membencinya. Aku merasa sama sekali tak berdaya dan terpasung.

Namun pada suatu hari ia berkata kepadaku: “Jangan berubah! Tetaplah seperti itu saja. Sungguh, tidak jadi soal, apakah engkau berubah atau tidak. Aku mencintaimu sebagaimana kau ada. Aku tidak bisa tidak mencintaimu.”

Kata-kata itu berbunyi merdu dalam telingaku: “Jangan berubah. Jangan berubah. Jangan berubah… Aku mencintaimu.” Dan aku menjadi tenang. Aku mulai bergairah. Dan, oh, sungguh mengherankan, aku berubah!

Sekarang aku tahu, bahwa aku tidak dapat benar-benar berubah, sebelum aku menemukan orang yang tetap akan mencintaiku, entah aku berubah atau tidak.

Engkau mencintaiku seperti itu, Tuhan…?

-kur-

12 thoughts on “Jangan Berubah

  1. Budi Nurhikmat berkata:

    duh….jangan naik pitam aja….mendingan makan bubur ketan item… 😀
    menjadi marah = cepet tua
    murah senyum = awet muda 😀 😀

  2. dearKUR berkata:

    sependapat mas Budi…

  3. Mila berkata:

    jangan cepet marah ya, nanti cepet kena darah tinggi lho 😛

  4. Darmanto Muat berkata:

    kalo mengambil nasihat dari Rasulullah saw, “Jangan marah..!!” itu diucapkan hingga 3 kali. dan pasti ada hikmah besar ketika kita dapat menahan amarah walaupun kita bisa marah..

    semoga menjadi lebih penyabar mas Kur.. 🙂
    salam,

  5. baju wanita berkata:

    makasih ya..tulisan kamu bisa jadi inspirasi buat aku dan mudah2an buat yang lainnya juga…salam kenal

  6. khaelsabana berkata:

    edCoustic – Berubah

    Berubah kah aku hanya bila ada sesuatu…
    terus aku pulang pada sikap sebelumku berubah..
    hanya sekedar sesuatu, tak berapa lamapun itu..
    jarang kuterhenyak dalam sikap dimana kuberubah…
    Tuhan..
    aku hanya manusia.. mudah berubah..lagi dalam sekejap..
    Tuhan…
    Aku ingin berubah dan kubertahan dalam perubahanku….

Tanggapan anda