Saputangan dan Tisu, pilih mana..??

Mana yang lebih sering kamu pake teman,

Tisu atau Saputangan..??
“lebih mudah pake tisu, habis pake tinggal buang aja…”
“tisu lah, lebih praktis, ga usah nyuci kalo habis make…”
“hmm, tisu kan lebih mudah dan murah…”

haiyaah, lebih mudah dan praktis sich iya, tapi dampaknya..??
lebiih murah..??, apa bener..??

 

coba kita pikir ini :

 

 

untuk memproduksi 1 kg tisu butuh air sebanyak 30 liter, dan listrik sebesar 4 kwh,
hmm, mari sejenak berbisnis teman…
asumsikan bahwa satu orang memakai tisu rata rata hanya 50 gram ::5 lembar:: per hari,
jadi, untuk memenuhi kebutuhannya kita harus menyediakan 1,5 liter air dan 0,2 kwh lstrik..
hmm, murah ya, sekarang coba kalo semua penduduk di Indonesia berpikiran sama denganmu ::oke lah, 1/3 aja::
hitung aja 1/3 penduduk Indonesia adalah 10 juta jiwa, so, setiap hari kita butuh 500.000 kg tisu,
untuk memenuhi kebutuhan tisu kita,
harus ada 15 juta liter air dan 2 juta kwh listrik…
haaa… itu baru satu hari, gimana kalo satu tahun..??!!
anggap aja satu tahun ada 300 hari, tiap tahun kita harus nyediain 150.000.000 kg tisu ::waw::
untuk itu, 4.500 juta liter air dan 600 juta kwh listrik digunakan untuk membuatnya..!! ::waaaaaaw::

tisu kan praktis, habis pake, tinggal buang aja ::waaaaw,
ini artinya, 150.000.000 kg tisu dibuang setiap tahunnya
4.500.000.000 liter air dibuang setiap tahunnya
600.000.000 kwh listrik dibuang tiap tahunnya…
wadaaalalaaaa…!!!

itu baru soal listrik sama air, gimana dengan kayunya, si bahan pokok tisu..!!
untuk tumbuh dan siap ditebang, pohon rata rata harus sudah berumur 6 tahun,
dan satu pohon berumur 6 tahun hanya bisa memproduksi 220 pack tisu,
satu pack rata rata berisi 20 sampai 50 lembar tisu, jadi
sebatang pohon bisa memproduksi 1.100 lembar tisu atau 1,5 kg
hyaaa, masak 1 pohon berumur 6 tahun cuma menghasilkan 1,5 kg tisu..??!!! itu faktanya…

dan aku udah miris, itung aja sendiri berapa batang pohon yang harus ditebang setiap harinya
berapa yang harus ditebang setiap tahunnya
berapa hektar hutan yang harus dibuang tiap tahunnya…??!!! ::adduduududduuh..::

BERALIHLAH ke SAPUTANGAN…!!!

kalo kamu peduli..!!
terserah anda dink, mau pilih yang mana,
pake 1kg sabun colek untuk nyuci sapu tangan dalam setahun,
ato ngebuang 4.500 liter air, 600 kwh listrik, dan nebang 10 pohon tiap tahunnya…

sekarang, mana yang lebih murah..??
sekali lagi, aku tanya..
mau pake yang mana, Tisu atau Saputangan..???

bonus :
isyarat sapu tangan :
Mnempelkan sapu tangan di pipi berarti “aku cinta padamu”
membawa sapu tangan ke pipi kiri berarti “menolak” sesuatu
kalo ke pipi kanan, berarti “mengiyakan” sesuatu
jika diletakkan di bahu, berarti “ikuti aku”
letakkan saputangan di di bibir jika kau mengisyaratkan ingin “berkenalan”

-kur-

5 thoughts on “Saputangan dan Tisu, pilih mana..??

  1. frodo berkata:

    waww, angka-angka yang menakjubkan

  2. maharani berkata:

    waaah, beranjak ke sapu tangan!!!

  3. rini berkata:

    ikut beralih juga ahh

  4. Alexandra berkata:

    i am always learning new things with your blog this is very good.http://www.busquemail.com.br

Tanggapan anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s